Lima Pemberian Kepada Nabi Saw.

  • Jabir bin Abdullah mengabarkan, bahwa Nabi saw. bersabda : "Aku diberi (Allah swt.) lima perkara yang tidak pernah diberikan-Nya kepada seorang pun sebelumku. Yaitu :
  1. Aku dimenangkan dengan perasaan gentar pada musuh sejauh satu bulan perjalanan. 1)
  2. Dijadikan Allah bagiku bumi sebagai mesjid dan untuk bersuci (tayammum) 2) : Maka dimana saja umatku berada dan waktu shalat tiba, mereka boleh shalat disana.
  3. Dihalalkan bagiku harta rampasan perang, dan belum pernah dihalalkan bagi seorang pun sebelumku.
  4. Aku diberi kuasa untuk memberi syafa'at bagi ummatku di hari kiamat nanti.
  5. Nabi-nabi terdahulu diutus untuk kaumnya saja, sedangkan aku diutus kepada manusia seluruhnya.
  •  Dari Jabir bin Abdullah r.a., katanya, Rasulullah saw. pernah bersabda : "Aku diberi Allah swt. lima perkara yang belum pernah diberikan-Nya kepada seorang pun dari Nabi-nabi sebelumku :
  1. Aku dimenangkan Allah swt. dengan menggentarkan hati musuh-musuhku sejauh sebulan perjalanan (sebelum aku berhadapan dengannya).
  2. Bumi dijadikan bagiku sebagai tempat shalat (masjid) dan sebagai alat untuk bersuci (yaitu tayammum); karena itu dimana saja umatku mendapatkan waktu shalat hendaklah ia shalat ketika itu juga.
  3. Dihalalkan bagiku harta rampasan perang.
  4. Nabi-nabi sebelumku diutus khusus untuk kaumnya saja, sedangkan aku diutus untuk manusia seluruhnya, dan
  5. Diberikan Allah kepadaku Syafa'at (pertolongan dan perlindungan)".

Keterangan :
1). Suatu kemenangan tidak saja dapat dicapai dengan kebenaran dan keteguhan keyakinan, tetapi yang terutama pula ialah perasaan gentar di kalangan musuh akan menyebabkan mereka lemah dan kalah.
2). Bumi itu jadi mesjid, artinya dimana saja kita boleh mengerjakan shalat, selain di tempat-tempat yang jelas dilarang oleh Nabi, seperti di kuburan dan lain-lain. Bumi untuk bersuci, yaitu untuk tayammum, untuk mencuci bejana apabila dijilat anjing dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment