Terlarang Bersetubuh Dengan Wanita Yang sedang Haid

  • Cerita dari 'Urwah bahwa dia ditanya orang: "Bolehkah wanita haid melayaniku, dan bolehkah wanita junub mendekatiku?".Jawab 'Urwah, semuanya boleh bagiku. Semuanya boleh melayaniku dan tiada celanya. 'Aisyah menceritakan kepadaku, dia pernah menyisir rambut Rasulullah saw. ketika dia sedang haid. Padahal ketika itu Rasulullah sedang i'tikaf di masjid. Maka didekatkannya kepalanya kepada 'Aisyah yang sedang berada di dalam kamarnya, lalu 'Aisyah menyisisr rambut Rasulullah, padahal dia sedang haid". 1)
  • 'Aisyah menceritakan, katanya : "Rasulullah saw. bersandar ke haribaanku padahal ketika itu aku sedang haid; sesudah itu beliau membaca Qur'an".
  • Ummu Salamah bercerita, katanya : "Pada suatu ketika aku tidur bersama Nabi saw. di bawah satu selimut kain bulu. Tiba-tiba aku haid, lalu aku menjauhkan diri dari Nabi dan mengambil kain haidku". 2) Nabi saw. bertanya, "Haidkah engkau?". Jawabku, "Betul!". Lalu aku dipanggilnya dan tidur kembali bersama-sama dengan beliau di bawah selimut itu.
  • Cerita dari 'Aisyah, katamya : "Aku pernah mandi bersama Rasulullah saw. dari satu bejana, padahal kami berdua dalam keadaan junub. Pernah juga aku disuruhnya memakai  sarung, lalu beliau mencumbuku, padahal aku sedang haid. Dan pernah pula beliau mengulurkan kepalanya kepadaku dari dalam mesjid ketika beliau sedang i'tikaf, lalu kubersihkan kepalanya itu padahal aku sedang haid.
  • Cerita dari 'Aisyah, katanya : "Apabila salah seorang kami (para isteri Nabi saw.) sedang haid, padahal Rasulullah saw. hendak bercumbu dengannya, maka disuruhnya isterinya itu memakai sarung, sesudah itu beliau mencumbunya. 'Aisyah menambahkan, "Siapakah diantara kamu yang sanggup mengendalikan nafsunya sebagaimana Rasululah saw. sanggup mengendalikannya?".
  • Maimunah isteri Nabi berkata: "Dia sedang haid, tidak shalat. Dia duduk bersimpuh dekat tempat sujud Rasulullah saw. dan beliau sedang shalat di atas sajadah beliau mengenai tubuhku".
  • Riwayat dari Maimunah, katanya : "Pada suatu ketika Rasulullah shalat dan aku duduk disamping beliau, padahal aku sedang haid; kadang-kadang pakaian beliau menyentuhku apabila beliau sujud". Maimunah menambahkan, "Nabi saw shalat di atas kain (sajadah)".
Keterangan :
1). Rumah 'Aisyah setali dengan mesjid, hanya dibatasi dengan dinding. Antara keduanya dihubungkan dengan sebuah pintu. Pada suatu ketika waktu 'Aisyah sedang haid, Rasulullah saw 'itikaf di mesjid. Rasulullah menjulurkan kepala beliau kepada 'Aisyah yang sedang dalam rumahnya, lalu disisirkan rambut beliau oleh 'Aisyah. Jadi orang haid boleh melayani suaminya kecuali bersetubuh.
2). Dalam agama Yahudi dahulu, orang haid dijauhi benar dalam pergaulan. Tetapi syari'at islam membolehkannya bergaul dengan suaminya selain bersetubuh.

1 comment:

  1. thank infonya ( https://www.facebook.com/araarifashion.com ) www.ararifashion.blogspot.com

    ReplyDelete