Shalat Tahajjud (Bagian-2)

  • Diceritakan dari Ali bin Abi Thalib r.a., bahwa pada suatu malam Nabi saw. mengetuk pintu rumahnya bersama Fathimah binti Rasulullah saw.  Sabda beliau : " Kenapa kalian tidak shalat?". Jawab Ali, "Ya, Rasulullah! Diri kami di tangan Allah. Apabila Dia menghendaki kami bangun, kami akan bangun". Mendengar jawaban itu beliau berpaling tanpa mengucapkan sepatah kata pun kepadaku. Tetapi kemudian aku mendengar beliau memukul pahanya sendiri, dan berkata : "Wa kaanal insaanu aktsara syay-in jadalaa". (Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah). 1)
  • Diceritakan dari 'Aisyah r.a., bahwa pada suatu malam Rasulullah saw. berada di mesjid. Beliau shalat, maka orang banyak mengikuti pula beliau shalat. Malam berikutnya Nabi saw. shalat pula. Orang yang mengikutinya pun bertambah banyak. Pada malam ketiga atau mungkin malam keempat orang semakin banyak berkumpul, tetapi Nabi saw. tidak datang. Besok pagi Nabi saw. bersabda : "Sesungguhnya aku telah tahu apa yang kamu lakukan. Tidak sesuatupun yang melarangku keluar untuk shalat malam bersma-sama kamu sekalian. Hanya aku khawatir kalau-kalau perbuatan itu menjadi wajib atasmu". Peristiwa itu terjadi di bulan Ramadhan.
  • Dari Mughirah bin Syu'bah r.a., katanya : "Apabila Nabi saw. berdiri melakukan shalat, beliau berdiri lama sekali sehingga bengkak tumit atau betis beliau". Lalu ditanya orang mengenai hal itu. Jawab beliau, "Apakah aku tidak boleh menjadi seorang hamba yang banyak syukur?".
  • Diceritakan dari Abdullah bin Umar Ibnu 'Ash, bahwa Rasulullah saw. bersabda : "Shalat yang paling disukai Allah ialah shalat Nabi Daud, dan puasa yang paling disukai Allah ialah puasa Nabi Daud; beliau tidur seperdua malam. Berdiri (shalat) sepertiganya, dan tidur seperenamnya; beliau puasa satu hari dan berbuka satu hari
  • Dari Masruq r.a., katanya : "Aku bertanya kepada 'Aisyah r.a. : "Apakah amal yang paling disukai Nabi saw.?". Jawabnya, "Amal dilakukan secara terus menerus". Lalu kutanyakan pula : "Bilakah beliau bangun tengah malam untuk shalat?". Jawabnya, "Beliau bangun apabila telah kedengaran kokok ayam". 2)
  • Diceritakan dari Anas r.a. bahwasanya Nabi saw. dan Zaid bin Tsabit, kedua-duanya makan sahur bersama-sama. Maka tatkala kedua-duanya telah sahur, Nabi saw. berdiri hendak shalat dan beliau melakukannya. Ditanya orang Anas, "Berapa lamanya antara keduanya selesai sahur dengan shalat?". Jawab Anas, "Kira-kira selama membaca lima puluh ayat".
  • Dari Ibnu Mas'ud r.a., katanya : "Pada suatu malam aku shalat bersama Nabi saw. Maka beliau berdiri lama sekali, sehingga aku ingin hendak melakukan suatu perbuatan buruk. Lalu ditanya orang, "Apa yang kamu inginkan?". Jawabnya, "Aku ingin duduk dan meninggalkan Nabi saw. (shalat sendirian)".

Keterangan :
1). Al Qur'an, Surat Al Kahfi, 18:54
2). Ayam berkokok malam hari biasanya sesudah seperdua malam (kira-kira jam 2)

1 comment: