Zakat (sedekah)

  • Dari Ibnu Abbas r.a., katanya Nabi saw. mengirim Mu'adz ke negeri Yaman. Beliau bersabda kepadanya : "Ajaklah mereka supaya mengakui bahwa tdak ada Tuhan selain Allah, dan sesungguhnya aku Pesuruh Allah. Jika mereka telah mematuhi yang demikian, terangkanlah kepada mereka bahwa Allah swt. mewajibkan kepada mereka shalat lima kali sehari semalam. Kalau mereka telah menta'atinya, ajarkanlah bahwa Allah swt. memerintahkan kepada mereka supaya membayar zakat harta mereka, diambil dari orang yang kaya diantara mereka dan diberikan kepada orang-orang yang miskin. Jika itu telah dipatuhi mereka, jagalah supaya kamu jangan mengambil harta mereka yang paling berharga. Takutilah doa orang yang teraniaya, karena sesungguhnya antara dia dengan Allah tidak ada dinding".
  • Dari Anas bin Malik r.a., katanya : "Pada suatu hari saya bawa Abdullah bin Abi Thalhah kepada Rasulullah untuk melakukan tahnik 1)  baginya. Saya lihat beliau memegang sebuah stempel untuk mencap untah sedekah".

Keterangan :
1) Tahnik, ialah semacam adat keluarga muslim di zaman Nabi ketika ada diantara mereka yang bayinya baru lahir, untuk disuapi.

No comments:

Post a Comment