Memberikan Minuman Hendaknya Kepada Yang Sebelah Kanan

  • Dari Sahl bin Sa'ad, katanya : Sebuah gelas dihidangkan kepada Rasul saw. dan beliau minum dari situ. Di sebelah kanan beliau ada seorang anak kecil dan di sebelah kiri beliau ada seorang orang tua. Beliau bersabda : "hai anak kecil, relakah engkau kalau sisa saya ini saya berikan kepada orang tua ini?" Anak itu menjawab : "Ya Rasulullah! Sayalah yang paling berhak mendapat sisa anda. Lalu Rasulullah saw. memberikan kepadanya. 1)
  • Dari Anas bin Malik r.a., diperah untuk Rasulullah saw. seekor kambing jinak ditempatku, lalu susu itu dicampur dengan air sumur yang terdapat disana. Orang memberikan sebuah gelas kepada Rasul dan beliau minum dari situ. Ketika beliau selesai minum, di sebelah kiri beliau ada Abu Bakar, sedangkan di sebelah kanan beliau seorang Badwi. Karena kuatir kalau-kalau Rasul memberikan gelas itu kepada orang Badwi itu, Umar berkata : "Berikanlah gelas anda itu kepada Abu Bakar, hai Rasulullah. Tetapi Rasul memberikan gelas itu kepada orang Badwi yang duduk di sebelah kanannya, sambil bersabda : "Kepada yang sebelah kanan, terus kepada yang sebelah kanan berikutnya".

Keterangan :

1). Hadis ini menunjukkan bahwa menurut ajaran islam, memberikan sesuatu kepada orang lain, haruslah dimulai dari orang yang duduk di sebelah kanan.

No comments:

Post a Comment